VI.
STANDAR PENGELOLAAN
103 Sekolah/Madrasah
telah merumuskan dan menetapkan visi lembaga.
|
|
þ A
|
Merumuskan
dan menetapkan visi, mudah dipahami dan sering disosialisasikan.
|
c B
|
Merumuskan
dan menetapkan visi, mudah dipahami dan pernah disosialisasikan.
|
c C
|
Merumuskan
dan menetapkan visi, mudah dipahami tetapi tidak disosialisasikan.
|
c D
|
Merumuskan
dan menetapkan visi, sulit dipahami dan tidak disosialisasikan.
|
c E
|
Tidak
merumuskan dan menetapkan visi.
|
103.
DATA PENDUKUNG VISI LEMBAGA :
a)
Sosialisasi pada
saat work shop
b)
Sosialisasi pada
saat Upacara Bendera
c)
Dokumen KTSP
103.
BUKTI FISIK YANG DI BUTUHKAN :
a)
Absensi Peserta
Work Shop
b)
Foto Dokumentasi
103.
BUKTI FISIK YANG DIINGINKAN : Yang dimaksud dengan sering
disosialisasikan, jika sekolah/madrasah mensosialisasikan visi lembaga sebanyak
2 (dua) kali atau lebih kepada warga sekolah/madrasah dan segenap pihak yang
berkepentingan pada satu semester terakhir.
104 Sekolah/Madrasah
telah merumuskan dan menetapkan misi lembaga.
|
|
þ A
|
Merumuskan
dan menetapkan misi, mudah dipahami dan sering disosialisasikan.
|
c B
|
Merumuskan
dan menetapkan misi, mudah dipahami dan pernah disosialisasikan.
|
c C
|
Merumuskan
dan menetapkan misi, mudah dipahami tetapi tidak disosialisasikan.
|
c D
|
Merumuskan
dan menetapkan misi, sulit dipahami dan tidak disosialisasikan.
|
c E
|
Tidak
merumuskan dan menetapkan misi.
|
104.
--- SUDAH JELAS
104.
BUKTI FISIK YANG DIINGINKAN : Yang dimaksud dengan sering
disosialisasikan, jika sekolah/madrasah mensosialisasikan misi lembaga sebanyak
2 (dua) kali atau lebih kepada warga sekolah/madrasah dan segenap pihak yang
berkepentingan pada satu semester terakhir.
105 Sekolah/Madrasah
telah merumuskan dan menetapkan tujuan lembaga.
|
|
þ A
|
Merumuskan
dan menetapkan tujuan, mudah dipahami dan sering disosialisasikan.
|
c B
|
Merumuskan
dan menetapkan tujuan, mudah dipahami dan pernah disosialisasikan.
|
c C
|
Merumuskan
dan menetapkan tujuan, mudah dipahami tetapi tidak disosialisasikan.
|
c D
|
Merumuskan
dan menetapkan tujuan, sulit dipahami dan tidak disosialisasikan.
|
c E
|
Tidak
merumuskan dan menetapkan tujuan.
|
105. DATA PENDUKUNG
YANG TELAH DIISIKAN UNTUK : Tujuan sekolah/madrasah.
Tujuan
SMA Negeri 2 Wonosobo
1.
Akademik
a. Meningkatkan perolehan
nilai tiap semester
b. Mencapai
prosentase kelulusan 100 % untuk tah 2010/2011
c. Meningkatkan
perolehan nilai rata-rata Ujian Nasional dan Ujian Sekolah
d. Menaikkan
peringkat sekolah
e. Menaikkan
prosentase siswa yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri
f. Menjadikan sekolah yang mempunyai reputasi
baik dalam Olimpiade Sains Nasional. (
OSN ).
2. Non
Akademik
a. Meningkatkan
keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
b. Mewujudkan
iklim belajar yang kondusif
c. Membina dan meningkatkan disiplin
sekolah dan budi pekerti.
d. Meningkatkan prestasi kegiatan
ekstra kurikuler.
105.
BUKTI FISIK YANG DIINGINKAN : Yang dimaksud dengan sering
disosialisasikan, jika sekolah/madrasah mensosialisasikan tujuan lembaga
sebanyak 2 (dua) kali atau lebih kepada warga sekolah/madrasah dan segenap
pihak yang berkepentingan pada satu semester terakhir.
106 Sekolah/Madrasah
memiliki rencana kerja jangka menengah (empat tahunan) dan rencana kerja
tahunan.
|
|
þ A
|
Memiliki
rencana kerja jangka menengah dan rencana kerja tahunan dan sudah
disosialisasikan oleh pimpinan.
|
c B
|
Memiliki
rencana kerja jangka menengah dan rencana kerja tahunan tetapi belum
disosialisasikan oleh pimpinan.
|
c C
|
Memiliki
rencana kerja jangka menengah atau rencana kerja tahunan dan sudah
disosialisasikan oleh pimpinan.
|
c D
|
Memiliki
rencana kerja jangka menengah atau rencana kerja tahunan tetapi belum
disosialisasikan oleh pimpinan.
|
c E
|
Tidak
memiliki rencana kerja jangka menengah dan rencana kerja tahunan.
|
DATA PENDUKUNG
YANG TELAH DIISIKAN UNTUK :
106. a) Rencana
kerja jangka menengah (empat tahunan), dibuat dari tahun 2009 sampai tahun 2012
b) Rencana
kerja tahunan yang dimiliki.
Ÿ Tahun 2009 / 2010
Ÿ Tahun 2010 / 2011
Ÿ Tahun 2011 / 2012
106.
BUKTI FISIK YANG DIINGINKAN : Jawaban dibuktikan dengan
adanya dokumen tertulis rencana kerja jangka menengah (empat tahunan) dan
rencana kerja tahunan yang disosialisasikan kepada seluruh warga
sekolah/madrasah. Di dalam rencana kerja tahunan memuat ketentuan-ketentuan yang
jelas tentang: kesiswaan, kurikulum dan kegiatan pembelajaran, pendidik dan
tenaga kependidikan serta pengembangannya, sarana dan prasarana, keuangan dan
pembiayaan, budaya dan lingkungan masyarakat, peran serta masyarakat dan
kemitraan, rencana-rencana kerja lainnya yang mengarah pada peningkatan dan
pengembangan mutu sekolah/madrasah.
107 Sekolah/Madrasah
memiliki pedoman yang mengatur berbagai aspek pengelolaan secara tertulis
yang mudah dipahami oleh pihak-pihak terkait.
|
|
þ A
|
Memiliki
7 (tujuh) atau 8 (delapan) dokumen aspek pengelolaan secara tertulis.
|
c B
|
Memiliki
5 (lima) atau 6 (enam) dokumen aspek pengelolaan secara tertulis.
|
c C
|
Memiliki
3 (tiga) atau 4 (empat) dokumen aspek pengelolaan secara tertulis.
|
c D
|
Memiliki
1 (satu) atau 2 (dua) dokumen aspek pengelolaan secara tertulis.
|
c E
|
Tidak
memiliki dokumen aspek pengelolaan secara tertulis.
|
107. DATA
PENDUKUNG YANG TELAH DIISIKAN UNTUK : Kepemilikan dokumen aspek pengelolaan pendidikan.
No.
|
Jenis dokumen pengelolaan pendidikan
|
Ada
|
Tidak
|
1
|
KTSP
|
√
|
-
|
2
|
Kalender pendidikan/akademik
|
√
|
-
|
3
|
Struktur organisasi sekolah/madrasah
|
√
|
-
|
4
|
Pendayagunaan pendidik & tenaga kependidikan
|
√
|
-
|
5
|
Peraturan akademik
|
√
|
-
|
6
|
Tata tertib sekolah/madrasah
|
√
|
-
|
7
|
Kode etik sekolah/madrasah
|
√
|
-
|
8
|
Biaya operasional sekolah/madrasah
|
√
|
-
|
Keterangan:
Isilah tanda ceklis (ü) pada kolom jawaban “Ada” atau “Tidak”
107. BUKTI
FISIK YANG DIINGINKAN : Pedoman yang mengatur aspek pengelolaan
terdiri dari 8 (delapan) dokumen sebagai berikut:
a. KTSP.
b. Kalender
pendidikan/akademik.
c.
Struktur organisasi
sekolah/madrasah.
d. Pendayagunaan
pendidik dan tenaga kependidikan.
e.
Peraturan akademik.
f.
Tata tertib sekolah/madrasah.
g.
Kode etik sekolah/madrasah, dan
h. Biaya
operasional sekolah/madrasah.
108 Sekolah/Madrasah
memiliki struktur organisasi dengan kejelasan uraian tugas.
|
|
þ A
|
Memiliki
struktur organisasi yang dipajang di dinding dan disertai uraian tugas yang
jelas.
|
c B
|
Memiliki
struktur organisasi dan disertai uraian tugas yang jelas.
|
c C
|
Memiliki
struktur organisasi dan disertai uraian tugas tetapi tidak jelas.
|
c D
|
Memiliki
struktur organisasi tetapi tidak ada uraian tugas.
|
c E
|
Tidak
memiliki struktur organisasi.
|
108. DATA
PENDUKUNG YANG TELAH DIISIKAN UNTUK : Kepemilikan struktur organisasi sekolah/madrasah.
Uraikan isi struktur organisasi sekolah/madrasah dan penjelasan
singkat
|
RINCIAN
TUGAS
PARA PEMBANTU
KEPALA SEKOLAH
SMA NEGERI 2
WONOSOBO
WAKIL KEPALA
SEKOLAH URUSAN KURIKULUM
1.
Mengumpulkan dan menyimpan
dokumen Kurikulum Nasional dan Kurikulum Ciri Khusus.
2.
Menyusun perencanaan program
pembelajaran semesteran dan atau tahunan, yang mencakupi :
a.
Kegiatan awal tahun pelajaran
b.
Kegiatan semesteran
c.
Kegiatan akhir tahun pelajaran
3.
Menyusun program remedial dan
pengayaan
4.
Menyusun dan menjabarkan
kalender pendidikan
5.
Menyusun pembagian tugas guru
6.
Menyusun jadwal pelajaran
7.
Menkoordinir penyusunan
perangkat pembelajaran yang dibuat oleh masing-masing guru mata pelajaran,
dst
WAKIL KEPALA
SEKOLAH URUSAN KESISWAAN
1.
Menyusun dan mensosialisasikan
tata tertib siswa yang akan diterapkan kepada siswa
2.
Mengatur dan mengkoordinir
ketertiban, kedisiplinan, dan kehadiran siswa di sekolah serta
masalah-masalah yang berhubungan dengan hal tersebut
3.
Mengkoordinir program supervisi
bagi siswa yang mempunyai permasalahan dalam :
a. Pengajaran
b. penyesuaian
pribadi
c. Penyesuaian
sosial
d. Penyesuaian
emosional
4.
Mengkoordinir pelaksanaan
program kesehatan dan keamanan bagi siswa
5.
Mengkoordinir dan membina
program kegiatan OSIS / IRM yang berhubungan dengan kegiatan Dinas Pendidikan
Nasional
6.
Mengkoordinir pelaksanaan
kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan oleh para pembina ekstrakurikuler
7.
Mengkoordinir pelaksanaan
kegiatan siswa, misalnya kegiatan tengah semester, kegiatan class meeting dll
WAKIL KEPALA
SEKOLAH URUSAN HUBUNGAN MASYARAKAT
1.
Mengkoordinir pelaksanaan
kerjasama dengan komite sekolah
2.
Meningkatkan kerja sama dengan
lembaga pemerintah, dunia usaha dan lembaga sosial lainya, misalnya tentang :
a. Penyuluhan Narkoba
b. Pendidikan seksual untuk remaja
c. Pengenalan dunia pendidikan di perguruan tinggi
d. Pengenalan dunia usaha dan dunia industri
3.
Menyelenggarakan pertemuan
antara sekolah dengan orang tua siswa
4.
Menyelenggarakan program
kegiatan dalam rangka menjalin hubungan dengan para alumni (baik siswa maupun
mantan guru-karyawan)
5.
Meningkatkan penyelenggaraan
home visit kepada keluarga besar SMA Muhammadiyah Wonosobo, misalnya :
a. Kunjungan Pernikahan guru-karyawan
b. Kunjungan Kelahiran putra/putri
guru-karyawan
c. Kunjungan Khitanan putra guru-karyawan
d. Kunjungan guru-karyawan yg sedang
sakit
e. Kunjungan kepada guru-karyawan yg
sedang terkena musibah
WAKIL KEPALA
SEKOLAH URUSAN SARANA PRASARANA)
1.
Mengkoordinir perawatan dan
perbaikan barang-barang inventaris sekolah
2.
Mengkoordinir penyimpanan
barang-barang inventaris sekolah
3.
Mengkoordinir pencatatan
(inventarisasi) dan pengadministrasian data barang-barang inventaris
4.
Membuat tata tertib dan
mengatur pemanfaatan sarana prasarana
5.
Bersama-sama dengan waka-waka
yang lain untuk menyusun dan merencanakan kebutuhan sarana prasarana untuk
menunjang proses belajar mengajar
6.
Mengkoordinir dan menyiapkan
tempat dan peralatan untuk rapat yang diselenggarakan sekolah
7.
Mengkoordinir penyiapan
peralatan untuk upacara
BENDAHARA
SEKOLAH
1.
Menyiapkan kelengkapan
penyelenggaraan administrasi keuangan, misalnya :
a.
Kutipan Daftar Isian Kegiatan
(DIK)
b.
Buku Harian
c.
Buku Pembantu Mata Anggaran
Kegiatan
d.
Buku Kas Umum
e.
Daftar Penerimaan Gaji
f.
Buku Bank
g.
Buku Penerimaan Beasiswa
h.
Kwitansi - kwitansi
2.
Melaporkan dan
mempertanggungjawabkan bukti-bukti penerimaan dan pengeluaran uang untuk
setiap minggunya agar dapat diperiksa dan di tanda tangani oleh kepala
sekolah.
3.
Menyusun, menempelkan, menjilid
dan mengarsip bukti-bukti penerimaan dan pengeluaran uang sekolah untuk
setiap bulannya.
4.
Menyusun laporan keuangan
secara rutin yang meliputi :
a.
Rencana dan realisasi setiap
mata anggaran
b.
Saldo kas
c.
Register penutupan kas
d.
Berita acara pemeriksaan kas
5.
Membuat daftar gaji guru dan
karyawan untuk setiap akhir bulannya.
KEPALA TATA
USAHA
1.
Mengkoordinir penyusunan
program kerja tata usaha
2.
Mengkoordinir pengurusan
administrasi kepegawaian baik untuk Guru maupun pegawai tata usaha.
3.
Mengkoordinir pengurusan
administrasi kesiswaan bekerja sama dengan Waka Kesiswaan
4.
Mengkoordinir penyusunan data
statistik sekolah
5.
Mengkoordinir pengurusan administrasi
surat menyurat
6.
Mengkoordinir pembinaan dan
pengembangan karir pegawai tata usaha sekolah
7.
Memberikan masukan kepada tim
yang dibentuk oleh kepala sekolah pada saat akan memberikan kompensasi atau
penghargaan kepada Guru dan pegawai yang berprestasi
8.
Bersama-sama Bendahara sekolah
untuk mendata guru dan karyawan yang naik pangkat atau naik gaji berkala.
9.
Mengkoordinir penyusunan
laporan pelaksanaan kegiatan pengurusan ketatausahaan
|
108. BUKTI FISIK YANG DIINGINKAN :
Jawaban dibuktikan dengan bagan atau struktur organisasi sekolah/ madrasah yang
lengkap serta uraian tugas dari masing-masing anggota organisasi.
109 Sekolah/Madrasah
melaksanakan kegiatan sesuai dengan rencana kerja tahunan.
|
|
þ A
|
Sebanyak
76% - 100% kegiatan dilaksanakan sesuai rencana kerja tahunan.
|
c B
|
Sebanyak
51% - 75% kegiatan dilaksanakan sesuai rencana kerja tahunan.
|
c C
|
Sebanyak
26% - 50% kegiatan dilaksanakan sesuai rencana kerja tahunan.
|
c D
|
Sebanyak
1% - 25% kegiatan dilaksanakan sesuai rencana kerja tahunan.
|
c E
|
Tidak
melaksanakan kegiatan sesuai rencana kerja tahunan.
|
109. DATA PENDUKUNG YANG TELAH DIISIKAN UNTUK
: Pelaksanaan kegiatan sekolah/madrasah sesuai rencana kerja tahunan.
No.
|
Dokumen pelaksanaan kegiatan sekolah/madrasah yang dimiliki
|
1
|
Kegiatan lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN)
|
2
|
Kegiatan Ulang tahun SMA
|
3
|
Kegiatan Tryout Ujian Nasional
|
4
|
Kegiatan Studi Tour siswa
|
|
|
109. BUKTI FISIK YANG DIINGINKAN :
Jawaban dibuktikan dengan dokumen tentang adanya kesesuaian antara rencana
kerja tahunan dengan laporan pelaksanaan kegiatan.
110 Sekolah/Madrasah
melaksanakan kegiatan kesiswaan.
|
|
þ A
|
Memiliki
4 (empat) atau 5 (lima) dokumen kegiatan kesiswaan.
|
c B
|
Memiliki
3 (tiga) dokumen kegiatan kesiswaan.
|
c C
|
Memiliki
2 (dua) dokumen kegiatan kesiswaan.
|
c D
|
Memiliki
1 (satu) dokumen kegiatan kesiswaan.
|
c E
|
Tidak
memiliki dokumen kegiatan kesiswaan.
|
110. DATA PENDUKUNG YANG TELAH DIISIKAN UNTUK
: Jenis kegiatan kesiswaan yang dilakukan sekolah/madrasah.
a) Seleksi
penerimaan siswa baru
b) Memberikan
layanan bimbingan dan konseling
c) Melaksanakan
kegiatan ekstrakurikuler
d) Melaksanakan
kegiatan pembinaan prestasi unggulan
e) Melakukan pelacakan terhadap
alumni
110. BUKTI
FISIK YANG DIINGINKAN : Kegiatan kesiswaan terdiri dari 5 (lima)
dokumen yang terdiri atas:
a. Seleksi
penerimaan siswa baru.
b. Memberikan
layanan konseling.
c.
Melaksanakan kegiatan ekstra dan
kokurikuler.
d. Melakukan
pembinaan prestasi unggulan, dan
e.
Melakukan pelacakan terhadap
alumni.
111 Sekolah/Madrasah
melaksanakan kegiatan pengembangan kurikulum dan pembelajaran.
|
|
þ A
|
Memiliki
4 (empat) atau 5 (lima) dokumen kegiatan kurikulum dan pembelajaran.
|
c B
|
Memiliki
3 (tiga) dokumen kegiatan kurikulum dan pembelajaran.
|
c C
|
Memiliki
2 (dua) dokumen kegiatan kurikulum dan pembelajaran.
|
c D
|
Memiliki
1 (satu) dokumen kegiatan kurikulum dan pembelajaran.
|
c E
|
Tidak
memiliki dokumen kegiatan kurikulum dan pembelajaran.
|
111. DATA
PENDUKUNG YANG TELAH DIISIKAN UNTUK : Jenis kegiatan pengembangan kurikulum dan pembelajaran:
a) KTSP
b) Kalender Pendidikan
c) Program pembelajaran
d) Penilaian hasil belajar siswa
e) Peraruran Akademik
Kepemilikan dokumen kegiatan kurikulum dan pembelajaran.
No.
|
Jenis dokumen kurikulum dan pembelajaran
|
Ada
|
Tidak
|
1
|
KTSP
|
√
|
-
|
2
|
Kalender pendidikan
|
√
|
-
|
3
|
Program pembelajaran
|
√
|
-
|
4
|
Penilaian hasil belajar siswa
|
√
|
-
|
5
|
Peraturan akademik
|
√
|
-
|
Keterangan: Isilah tanda ceklis
(ü) pada kolom jawaban “Ada” atau “Tidak”
111. BUKTI
FISIK YANG DIINGINKAN : Kegiatan kurikulum dan pembelajaran
terdiri dari 5 (lima) dokumen yang terdiri dari:
a. KTSP.
b. Kalender
pendidikan.
c.
Program pembelajaran.
d. Penilaian
hasil belajar siswa, dan
e.
Peraturan akademik.
112 Sekolah/Madrasah
melaksanakan pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan.
|
|
þ A
|
Melaksanakan
4 (empat) atau 5 (lima) program pendayagunaan pendidik dan tenaga
kependidikan.
|
c B
|
Melaksanakan
3 (tiga) program pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan.
|
c C
|
Melaksanakan
2 (dua) program pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan.
|
c D
|
Melaksanakan
1 (satu) program pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan.
|
c E
|
Tidak
melaksanakan program pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan.
|
112. DATA PENDUKUNG YANG TELAH DIISIKAN UNTUK : Pelaksanaan program pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan.
No.
|
Jenis program pendayagunaan
|
Dilakukan
|
Tidak dilakukan
|
1
|
Pembagian tugas
|
√
|
-
|
2
|
Penentuan sistem penghargaan
|
√
|
-
|
3
|
Pengembangan profesi
|
√
|
-
|
4
|
Promosi dan penempatan
|
√
|
-
|
5
|
Mutasi
|
√
|
-
|
Keterangan: Isilah tanda ceklis (ü) pada kolom
jawaban “Dilakukan” atau “Tidak
dilakukan”
112. BUKTI
FISIK YANG DIINGINKAN : Lima program pendayagunaan pendidik dan
tenaga kependidikan terdiri atas:
a. Pembagian
tugas.
b. Penentuan
sistem penghargaan.
c.
Pengembangan profesi.
d. Promosi
dan penempatan, serta
e.
Mutasi.
113 Sekolah/Madrasah
mengelola sarana dan prasarana pembelajaran.
|
|
þ A
|
Mengelola
4 (empat) atau 5 (lima) program sarana dan prasarana.
|
c B
|
Mengelola
3 (tiga) program sarana dan prasarana.
|
c C
|
Mengelola
2 (dua) program sarana dan prasarana.
|
c D
|
Mengelola
1 (satu) program sarana dan prasarana.
|
c E
|
Tidak
mengelola program sarana dan prasarana.
|
113. DATA PENDUKUNG YANG TELAH DIISIKAN UNTUK
: Pengelolaan program sarana dan prasarana pembelajaran.
No.
|
Jenis program sarana dan prasarana
|
Dilakukan
|
Tidak dilakukan
|
1
|
Perencanaan, pemenuhan, dan pendayagunaan sarpras
pendidikan
|
√
|
-
|
2
|
Evaluasi dan pemeliharaan sarpras dalam mendukung
proses pendidikan
|
√
|
-
|
3
|
Perlengkapan fasilitas pembelajaran pada setiap
tingkat kelas
|
√
|
-
|
4
|
Penyusunan skala prioritas pengembangan fasilitas
pendidikan
|
√
|
-
|
5
|
Pemeliharaan seluruh fasilitas fisik dan peralatan
pendidikan
|
√
|
-
|
Keterangan: Isilah tanda ceklis
(ü) pada kolom jawaban “Dilakukan” atau “Tidak dilakukan”
113. BUKTI
FISIK YANG DIINGINKAN : Lima program pengelolaan sarana
prasarana meliputi:
a. Perencanaan,
pemenuhan serta pendayagunaan sarana dan prasarana pendidikan.
b. Evaluasi
serta pemeliharaan sarana dan prasarana agar tetap berfungsi dalam mendukung
proses pendidikan.
c.
Perlengkapan fasilitas
pembelajaran pada setiap tingkat kelas di sekolah/madrasah.
d. Penyusunan
skala prioritas pengembangan fasilitas pendidikan sesuai dengan
tujuan pendidikan dan kurikulum masing-masing tingkat, serta
e.
Pemeliharaan seluruh fasilitas
fisik dan peralatan dengan memerhatikan kesehatan dan
keamanan lingkungan.
114 Sekolah/Madrasah
mengelola pembiayaan pendidikan.
|
|
þ A
|
Memiliki
4 (empat) program pengelolaan pembiayaan pendidikan.
|
c B
|
Memiliki
3 (tiga) program pengelolaan pembiayaan pendidikan.
|
c C
|
Memiliki
2 (dua) program pengelolaan pembiayaan pendidikan.
|
c D
|
Memiliki
1 (satu) program pengelolaan pembiayaan pendidikan.
|
c E
|
Tidak
memiliki program pengelolaan pembiayaan pendidikan.
|
114. DATA
PENDUKUNG YANG TELAH DIISIKAN UNTUK : Pengelolaan program keuangan dan pembiayaan pendidikan.
No.
|
Jenis program keuangan dan pembiayaan
|
Dilakukan
|
Tidak dilakukan
|
1
|
Sumber pemasukan, pengeluaran, dan jumlah dana
yang dikelola
|
√
|
-
|
2
|
Kewenangan dan tanggung jawab kepala
sekolah/madrasah dalam membelanjakan anggaran pendidikan
|
√
|
-
|
3
|
Pembukuan semua penerimaan dan pengeluaran
|
√
|
-
|
4
|
Penggunaan anggaran untuk dilaporkan komite
sekolah/madrasah dan institusi di atasnya
|
√
|
-
|
Keterangan: Isilah tanda ceklis
(ü) pada kolom jawaban “Dilakukan” atau “Tidak dilakukan”
114. BUKTI FISIK YANG DIINGINKAN :
Empat program pengelolaan pembiayaan pendidikan terdiri atas:
a. Sumber
pemasukan, pengeluaran, dan jumlah dana yang dikelola.
b. Kewenangan
dan tanggung jawab kepala sekolah/madrasah dalam membelanjakan anggaran
pendidikan sesuai dengan peruntukannya.
c.
Pembukuan semua penerimaan dan
pengeluaran, serta
d. Penggunaan
anggaran untuk dilaporkan kepada komite sekolah/madrasah atau lembaga
penyelenggara pendidikan serta institusi di atasnya.
115 Sekolah/Madrasah
menciptakan suasana, iklim, dan lingkungan pembelajaran yang kondusif.
|
|
þ A
|
Memiliki
4 (empat) atau 5 (lima) kegiatan menciptakan suasana, iklim, dan lingkungan
pembelajaran yang kondusif.
|
c B
|
Memiliki
3 (tiga) kegiatan menciptakan suasana, iklim, dan lingkungan pembelajaran
yang kondusif.
|
c C
|
Memiliki
2 (dua) kegiatan menciptakan suasana, iklim, dan lingkungan pembelajaran yang
kondusif.
|
c D
|
Memiliki
1 (satu) kegiatan menciptakan suasana, iklim, dan lingkungan pembelajaran
yang kondusif.
|
c E
|
Tidak
memiliki kegiatan menciptakan suasana, iklim, dan lingkungan pembelajaran
yang kondusif.
|
115. DATA
PENDUKUNG YANG TELAH DIISIKAN UNTUK : Bentuk penciptaan suasana, iklim, dan lingkungan pembelajaran kondusif
yang dilakukan sekolah/madrasah.
a)
Dokumen LDK
b)
Dokumen
Pendidikan Seks Remaja
c)
Dokumen Jadwal
piket kebersihan kelas
d)
Dokumen SBT
115.
BUKTI FISIK YANG DIINGINKAN : Jawaban dibuktikan dengan
dokumen pelaksanaan kegiatan sekolah/ madrasah untuk menciptakan suasana,
iklim, dan lingkungan yang kondusif seperti: seminar ilmiah, pelatihan,
kebersihan, kedisiplinan, penanaman nilai-nilai kejuangan, dan sebagainya.
116 Sekolah/Madrasah
melibatkan masyarakat dan membangun kemitraan dengan lembaga lain yang
relevan dalam pengelolaan pendidikan.
|
|
þ A
|
Memiliki
4 (empat) atau lebih dokumen tentang keterlibatan masyarakat dan membangun
kemitraan dengan lembaga lain yang relevan dalam pengelolaan pendidikan.
|
c B
|
Memiliki
3 (tiga) dokumen tentang keterlibatan masyarakat dan membangun kemitraan
dengan lembaga lain yang relevan dalam pengelolaan pendidikan.
|
c C
|
Memiliki
2 (dua) dokumen tentang keterlibatan masyarakat dan membangun kemitraan
dengan lembaga lain yang relevan dalam pengelolaan pendidikan.
|
c D
|
Memiliki
1 (satu) dokumen tentang keterlibatan masyarakat dan membangun kemitraan
dengan lembaga lain yang relevan dalam pengelolaan pendidikan.
|
c E
|
Tidak
memiliki dokumen tentang keterlibatan masyarakat dan membangun kemitraan
dengan lembaga lain yang relevan dalam pengelolaan pendidikan.
|
116. DATA
PENDUKUNG YANG TELAH DIISIKAN UNTUK : Bentuk keterlibatan masyarakat dalam membangun kemitraan dengan lembaga lain
yang dilakukan sekolah/madrasah.
a) Membentuk
Komite Sekolah
b) Mengadakan
rapat dengan orang tua siswa
c) Mengadakan
kerjasama dengan perguruan tinggi terkait masalah informasi perguruan tinggi
d) Mengadakan
kegiatan sosial antar guru dan karyawan
e) Mengadakan
pembinaan mental dan rohani guru, karyawan, dan siswa melalui kegiatan
Spiritual Building Training (SBT)
f) Mengadakan
bhakti sosial
g) Mengadakan
silaturahmi alumni guru dengan komite sekolah
116.
BUKTI FISIK YANG DIINGINKAN : Jawaban dibuktikan dengan
dokumen tertulis tentang keterlibatan masyarakat dan/atau lembaga lain yang
relevan dalam mendukung pengelolaan pendidikan di sekolah/madrasah, seperti
penyusunan program kegiatan sekolah/madrasah, pelaksanaan program kegiatan, MoU
dengan lembaga lain, dsb.
117 Sekolah/Madrasah
memiliki program pengawasan yang disosialisasikan kepada pendidik dan tenaga
kependidikan.
|
|
þ A
|
Memiliki
4 (empat) atau 5 (lima) dokumen program pengawasan.
|
c B
|
Memiliki
3 (tiga) dokumen program pengawasan.
|
c C
|
Memiliki
2 (dua) dokumen program pengawasan.
|
c D
|
Memiliki
1 (satu) dokumen program pengawasan.
|
c E
|
Tidak
memiliki dokumen program pengawasan.
|
117. DATA PENDUKUNG
YANG TELAH DIISIKAN UNTUK : Bentuk sosialisasi program
pengawasan kepada pendidik dan tenaga kependidikan.
a) Pemantauan
b) Supervisi
c) Evaluasi
d) Pelaporan
e) Tindak Lanjut
Kepemilikan dokumen program pengawasan.
No.
|
Jenis dokumen program pengawasan
|
Ada
|
Tidak
|
1
|
Pemantauan
|
√
|
-
|
2
|
Supervisi
|
√
|
-
|
3
|
Evaluasi
|
√
|
-
|
4
|
Pelaporan
|
√
|
-
|
5
|
Tindak lanjut
|
√
|
-
|
Keterangan:
Isilah tanda ceklis (ü) pada kolom jawaban “Ada” atau “Tidak”
117. BUKTI
FISIK YANG DIINGINKAN : Program pengawasan terdiri dari 5 (lima)
dokumen:
a. Pemantauan.
b. Supervisi.
c.
Evaluasi.
d. Pelaporan,
dan
e.
Tindak lanjutnya.
118 Sekolah/Madrasah
melaksanakan kegiatan evaluasi diri.
|
|
þ A
|
Melaksanakan
evaluasi diri setidak-tidaknya sekali dalam 1 (satu) semester.
|
c B
|
Melaksanakan
evaluasi diri sekali dalam 2 (dua) semester.
|
c C
|
Melaksanakan
evaluasi diri sekali dalam 3 (tiga) semester.
|
c D
|
Melaksanakan
evaluasi diri sekali dalam 4 (empat) semester.
|
c E
|
Tidak
melaksanakan evaluasi diri.
|
118. DATA
PENDUKUNG YANG TELAH DIISIKAN UNTUK : Pelaksanaan kegiatan evaluasi diri kinerja sekolah/madrasah.
No.
|
Jenis kegiatan evaluasi diri yang dilakukan sekolah/madrasah
|
1
|
Evaluasi melalui rapat dewan guru setiap akhir
bulan
|
2
|
Evaluasi melalui rapat wakil kepala sekolah,
koordinator BP, Bendahara, dan kepala TU
|
118.
BUKTI FISIK YANG DIINGINKAN : Kegiatan evaluasi diri adalah
kegiatan yang dilakukan oleh sekolah/ madrasah untuk
mengetahui gambaran secara menyeluruh tentang kinerja dan keadaan dirinya melalui pengkajian dan analisis
berkenaan dengan kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan. Jawaban
dibuktikan dengan dokumen laporan evaluasi diri sekolah/madrasah.
119 Sekolah/Madrasah
melaksanakan evaluasi kinerja pendidik dan tenaga kependidikan.
|
|
þ A
|
Melaksanakan
4 (empat) atau lebih program evaluasi kinerja pendidik dan tenaga
kependidikan.
|
c B
|
Melaksanakan
3 (tiga) program evaluasi kinerja pendidik dan tenaga kependidikan.
|
c C
|
Melaksanakan
2 (dua) program evaluasi kinerja pendidik dan tenaga kependidikan.
|
c D
|
Melaksanakan
1 (satu) program evaluasi kinerja pendidik dan tenaga kependidikan.
|
c E
|
Tidak
melakukan program evaluasi kinerja pendidik dan tenaga kependidikan.
|
119. DATA
PENDUKUNG YANG TELAH DIISIKAN UNTUK : Pelaksanaan program evaluasi kinerja pendidik dan tenaga kependidikan.
No.
|
Jenis kegiatan evaluasi kinerja pendidik dan tenaga kependidikan yang
dilakukan sekolah/madrasah
|
1
|
Kesesuaian penugasan dan keahlian
|
2
|
Keseimbangan beban kerja
|
3
|
Kinerja pendidik
|
4
|
Kinerja tenaga kependidikan
|
5
|
Pencapaian prestasi pendidik dan tenaga kependidikan
|
119. BUKTI
FISIK YANG DIINGINKAN : Evaluasi pendayagunaan pendidik dan
tenaga kependidikan meliputi 4 (empat) program yang
terdiri dari:
a. Kesesuaian
penugasan dengan keahlian.
b. Keseimbangan
beban kerja.
c.
Kinerja pendidik dan tenaga
kependidikan dalam pelaksanaan tugas, serta
d. Pencapaian
prestasi pendidik dan tenaga kependidikan.
120 Sekolah/Madrasah
mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk akreditasi.
|
|
þ A
|
Memiliki
4 (empat) bahan persiapan akreditasi.
|
c B
|
Memiliki
3 (tiga) bahan persiapan akreditasi.
|
c C
|
Memiliki
2 (dua) bahan persiapan akreditasi.
|
c D
|
Memiliki
1 (satu) bahan persiapan akreditasi.
|
c E
|
Tidak
memiliki persiapan bahan akreditasi.
|
120. DATA
PENDUKUNG YANG TELAH DIISIKAN UNTUK : Persiapan bahan dan/atau kebutuhan akreditasi.
No.
|
Bahan dan/atau kebutuhan akreditasi yang disiapkan sekolah/madrasah
|
1
|
SK Tim Akreditasi
|
2
|
Pengandaan instrumen akreditasi untuk dibagikan
kepada masing-masing petugas
|
3
|
Pembagian tugas masing-masing personil yang akan
mendampingi asesor
|
4
|
Pengumpulan bukti-bukti fisik untuk setiap item
dalam instrumen akreditasi
|
5
|
Penyiapan sarana dan prasarana yang mendukung
pelaksanaan akreditasi
|
120. BUKTI FISIK YANG DIINGINKAN :
Bahan dan/atau kebutuhan persiapan akreditasi terdiri dari:
a.
Dokumen yang diperlukan oleh instrumen akreditasi.
b.
Personal yang akan mendampingi asesor.
c.
Bukti fisik nondokumen, dan
d.
Sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan akreditasi.
121 Sekolah/Madrasah
memiliki struktur kepemimpinan sesuai standar pendidik dan tenaga
kependidikan.
|
|
þ A
|
Memiliki
kepala sekolah/madrasah dan 3 (tiga) atau lebih wakil kepala
sekolah/madrasah.
|
c B
|
Memiliki
kepala sekolah/madrasah dan 2 (dua) wakil kepala sekolah/madrasah.
|
c C
|
Memiliki
kepala sekolah/madrasah dan 1 (satu) wakil kepala sekolah/madrasah.
|
c D
|
Memiliki
kepala sekolah/madrasah tetapi tidak memiliki wakil kepala sekolah/madrasah.
|
c E
|
Tidak
memiliki kepala sekolah/madrasah dan wakil kepala sekolah/madrasah.
|
121. DATA
PENDUKUNG YANG TELAH DIISIKAN UNTUK : Keberadaan Wakil kepala sekolah/madrasah.
No.
|
Nama
|
Bidang
|
1.
|
Dra. Sri Wuryanti
|
Kurikulum
|
2.
|
Suyadi, S.Pd
|
Kesiswaan
|
3.
|
Drs. Hendro Purwoko
|
Sarana Prasarana
|
4.
|
Rahayu Ries Indarti, S.Pd
|
Humas
|
121.
BUKTI FISIK YANG DIINGINKAN : Kepala SMA/MA dibantu minimal
oleh tiga wakil kepala sekolah/ madrasah untuk bidang akademik, sarana
prasarana, dan kesiswaan. Dalam hal tertentu atau sekolah/madrasah masih berada
dalam taraf pengembangan, kepala sekolah/madrasah dapat menugaskan guru untuk
melaksanakan fungsi sebagai kepala sekolah/madrasah.
122 Sekolah/Madrasah
memiliki sistem informasi manajemen untuk mendukung administrasi pendidikan.
|
|
þ A
|
Memiliki
sistem informasi dan memiliki fasilitas dan petugas khusus.
|
c B
|
Memiliki
sistem informasi dan memiliki fasilitas tetapi tidak memiliki petugas khusus.
|
c C
|
Memiliki
sistem informasi dan memiliki petugas khusus tetapi tidak memiliki fasilitas.
|
c D
|
Memiliki
sistem informasi tetapi tidak memiliki fasilitas dan/atau petugas khusus.
|
c E
|
Tidak
memiliki sistem informasi.
|
122. DATA PENDUKUNG
YANG TELAH DIISIKAN UNTUK : Sistem informasi manajemen
(SIM) untuk mendukung administrasi pendidikan dengan fasilitas dan petugas
khusus.
No.
|
Jenis kegiatan SIM yang dilakukan sekolah/madrasah
|
1
|
Pembuatan website sekolah
|
2
|
Pendataan identitas siswa untuk mendapatkan Nomor
Induk Siswa Nasional
|
122 BUKTI FISIK YANG DIINGINKAN :
Petugas khusus adalah petugas yang diangkat berdasarkan SK kepala
sekolah/madrasah untuk menangani sistem informasi manajemen.
0 Response to "Standar Pengelolalaan untuk Bahan Akreditasi yang Sudah Terisi"
Post a Comment