Standar Pengelolalaan untuk Bahan Akreditasi yang Sudah Terisi


 Standar Pengelolalaan untuk Bahan Akreditasi yang Sudah Terisi beserta bukti fisik yang di inginkan dan yang diperlukan sebagai pelngkap isian


VI. STANDAR PENGELOLAAN

103      Sekolah/Madrasah telah merumuskan dan menetapkan visi lembaga.
þ  A
Merumuskan dan menetapkan visi, mudah dipahami dan sering disosialisasikan.
c  B
Merumuskan dan menetapkan visi, mudah dipahami dan pernah disosialisasikan.
c  C
Merumuskan dan menetapkan visi, mudah dipahami tetapi tidak disosialisasikan.
c  D
Merumuskan dan menetapkan visi, sulit dipahami dan tidak disosialisasikan.
c  E
Tidak merumuskan dan menetapkan visi.

103.  DATA PENDUKUNG VISI LEMBAGA :
a)       Sosialisasi pada saat work shop
b)       Sosialisasi pada saat Upacara Bendera
c)       Dokumen KTSP


103.  BUKTI FISIK YANG DI BUTUHKAN :
a)       Absensi Peserta Work Shop
       b)   Foto Dokumentasi
103.        BUKTI FISIK YANG DIINGINKAN : Yang dimaksud dengan sering disosialisasikan, jika sekolah/madrasah mensosialisasikan visi lembaga sebanyak 2 (dua) kali atau lebih kepada warga sekolah/madrasah dan segenap pihak yang berkepentingan pada satu semester terakhir.

104      Sekolah/Madrasah telah merumuskan dan menetapkan misi lembaga.
þ  A
Merumuskan dan menetapkan misi, mudah dipahami dan sering disosialisasikan.
c  B
Merumuskan dan menetapkan misi, mudah dipahami dan pernah disosialisasikan.
c  C
Merumuskan dan menetapkan misi, mudah dipahami tetapi tidak disosialisasikan.
c  D
Merumuskan dan menetapkan misi, sulit dipahami dan tidak disosialisasikan.
c  E
Tidak merumuskan dan menetapkan misi.

104. --- SUDAH JELAS

104.        BUKTI FISIK YANG DIINGINKAN : Yang dimaksud dengan sering disosialisasikan, jika sekolah/madrasah mensosialisasikan misi lembaga sebanyak 2 (dua) kali atau lebih kepada warga sekolah/madrasah dan segenap pihak yang berkepentingan pada satu semester terakhir.


105      Sekolah/Madrasah telah merumuskan dan menetapkan tujuan lembaga.
þ  A
Merumuskan dan menetapkan tujuan, mudah dipahami dan sering disosialisasikan.
c  B
Merumuskan dan menetapkan tujuan, mudah dipahami dan pernah disosialisasikan.
c  C
Merumuskan dan menetapkan tujuan, mudah dipahami tetapi tidak disosialisasikan.
c  D
Merumuskan dan menetapkan tujuan, sulit dipahami dan tidak disosialisasikan.
c  E
Tidak merumuskan dan menetapkan tujuan.

105. DATA PENDUKUNG YANG TELAH DIISIKAN UNTUK : Tujuan sekolah/madrasah.
Tujuan SMA Negeri 2 Wonosobo
1.   Akademik
      a.       Meningkatkan perolehan nilai tiap semester
      b.   Mencapai prosentase kelulusan 100 % untuk tah 2010/2011             
      c.       Meningkatkan perolehan nilai rata-rata Ujian Nasional dan Ujian Sekolah
        d.     Menaikkan peringkat sekolah
        e.     Menaikkan prosentase siswa yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri
        f.     Menjadikan sekolah yang mempunyai reputasi baik dalam Olimpiade Sains  Nasional. ( OSN ).
     
2.     Non Akademik
        a.     Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
        b.     Mewujudkan iklim belajar yang kondusif
        c.     Membina dan meningkatkan disiplin sekolah dan budi pekerti.
        d.     Meningkatkan prestasi kegiatan ekstra kurikuler.

105.        BUKTI FISIK YANG DIINGINKAN : Yang dimaksud dengan sering disosialisasikan, jika sekolah/madrasah mensosialisasikan tujuan lembaga sebanyak 2 (dua) kali atau lebih kepada warga sekolah/madrasah dan segenap pihak yang berkepentingan pada satu semester terakhir.

106      Sekolah/Madrasah memiliki rencana kerja jangka menengah (empat tahunan) dan rencana kerja tahunan.
þ  A
Memiliki rencana kerja jangka menengah dan rencana kerja tahunan dan sudah disosialisasikan oleh pimpinan.
c  B
Memiliki rencana kerja jangka menengah dan rencana kerja tahunan tetapi belum disosialisasikan oleh pimpinan.
c  C
Memiliki rencana kerja jangka menengah atau rencana kerja tahunan dan sudah disosialisasikan oleh pimpinan.
c  D
Memiliki rencana kerja jangka menengah atau rencana kerja tahunan tetapi belum disosialisasikan oleh pimpinan.
c  E
Tidak memiliki rencana kerja jangka menengah dan rencana kerja tahunan.

DATA PENDUKUNG YANG TELAH DIISIKAN UNTUK :
106.   a)           Rencana kerja jangka menengah (empat tahunan), dibuat dari tahun 2009 sampai tahun 2012
          b)            Rencana kerja tahunan yang dimiliki.
Ÿ  Tahun 2009 / 2010
Ÿ  Tahun 2010 / 2011
Ÿ  Tahun 2011 / 2012
106.        BUKTI FISIK YANG DIINGINKAN : Jawaban dibuktikan dengan adanya dokumen tertulis rencana kerja jangka menengah (empat tahunan) dan rencana kerja tahunan yang disosialisasikan kepada seluruh warga sekolah/madrasah. Di dalam rencana kerja tahunan memuat ketentuan-ketentuan yang jelas tentang: kesiswaan, kurikulum dan kegiatan pembelajaran, pendidik dan tenaga kependidikan serta pengembangannya, sarana dan prasarana, keuangan dan pembiayaan, budaya dan lingkungan masyarakat, peran serta masyarakat dan kemitraan, rencana-rencana kerja lainnya yang mengarah pada peningkatan dan pengembangan mutu sekolah/madrasah.

107      Sekolah/Madrasah memiliki pedoman yang mengatur berbagai aspek pengelolaan secara tertulis yang mudah dipahami oleh pihak-pihak terkait.
þ  A
Memiliki 7 (tujuh) atau 8 (delapan) dokumen aspek pengelolaan secara tertulis.
c  B
Memiliki 5 (lima) atau 6 (enam) dokumen aspek pengelolaan secara tertulis.
c  C
Memiliki 3 (tiga) atau 4 (empat) dokumen aspek pengelolaan secara tertulis.
c  D
Memiliki 1 (satu) atau 2 (dua) dokumen aspek pengelolaan secara tertulis.
c  E
Tidak memiliki dokumen aspek pengelolaan secara tertulis.

107.   DATA PENDUKUNG YANG TELAH DIISIKAN UNTUK : Kepemilikan dokumen aspek pengelolaan pendidikan.
No.
Jenis dokumen pengelolaan pendidikan
Ada
Tidak
1
KTSP
-
2
Kalender pendidikan/akademik
-
3
Struktur organisasi sekolah/madrasah
-
4
Pendayagunaan pendidik & tenaga kependidikan
-
5
Peraturan akademik
-
6
Tata tertib sekolah/madrasah
-
7
Kode etik sekolah/madrasah
-
8
Biaya operasional sekolah/madrasah
-
         Keterangan: Isilah tanda ceklis (ü) pada kolom jawaban “Ada” atau “Tidak”

107.        BUKTI FISIK YANG DIINGINKAN : Pedoman yang mengatur aspek pengelolaan terdiri dari 8 (delapan) dokumen sebagai berikut:
a.       KTSP.
b.       Kalender pendidikan/akademik.
c.        Struktur organisasi sekolah/madrasah.
d.       Pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan.
e.        Peraturan akademik.
f.        Tata tertib sekolah/madrasah.
g.        Kode etik sekolah/madrasah, dan
h.       Biaya operasional sekolah/madrasah.



108      Sekolah/Madrasah memiliki struktur organisasi dengan kejelasan uraian tugas.
þ  A
Memiliki struktur organisasi yang dipajang di dinding dan disertai uraian tugas yang jelas.               
c  B
Memiliki struktur organisasi dan disertai uraian tugas yang jelas.
c  C
Memiliki struktur organisasi dan disertai uraian tugas tetapi tidak jelas.
c  D
Memiliki struktur organisasi tetapi tidak ada uraian tugas.
c  E
Tidak memiliki struktur organisasi.

108.   DATA PENDUKUNG YANG TELAH DIISIKAN UNTUK : Kepemilikan struktur organisasi sekolah/madrasah.

Uraikan isi struktur organisasi sekolah/madrasah dan penjelasan singkat

RINCIAN TUGAS
PARA PEMBANTU KEPALA SEKOLAH
SMA NEGERI 2 WONOSOBO

WAKIL KEPALA SEKOLAH URUSAN KURIKULUM

1.       Mengumpulkan dan menyimpan dokumen Kurikulum Nasional dan Kurikulum Ciri Khusus.
2.       Menyusun perencanaan program pembelajaran semesteran dan atau tahunan, yang mencakupi :
a.       Kegiatan awal tahun pelajaran
b.       Kegiatan semesteran
c.        Kegiatan akhir tahun pelajaran
3.       Menyusun program remedial dan pengayaan
4.       Menyusun dan menjabarkan kalender pendidikan
5.       Menyusun pembagian tugas guru
6.       Menyusun jadwal pelajaran
7.       Menkoordinir penyusunan perangkat pembelajaran yang dibuat oleh masing-masing guru mata pelajaran, dst

WAKIL KEPALA SEKOLAH URUSAN KESISWAAN

1.       Menyusun dan mensosialisasikan tata tertib siswa yang akan diterapkan kepada siswa
2.       Mengatur dan mengkoordinir ketertiban, kedisiplinan, dan kehadiran siswa di sekolah serta masalah-masalah yang berhubungan dengan hal tersebut
3.       Mengkoordinir program supervisi bagi siswa yang mempunyai permasalahan dalam :
 a. Pengajaran
 b. penyesuaian pribadi
 c. Penyesuaian sosial
 d. Penyesuaian emosional
4.       Mengkoordinir pelaksanaan program kesehatan dan keamanan bagi siswa
5.       Mengkoordinir dan membina program kegiatan OSIS / IRM yang berhubungan dengan kegiatan Dinas Pendidikan Nasional
6.       Mengkoordinir pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan oleh para pembina ekstrakurikuler
7.       Mengkoordinir pelaksanaan kegiatan siswa, misalnya kegiatan tengah semester, kegiatan class meeting dll

WAKIL KEPALA SEKOLAH URUSAN  HUBUNGAN MASYARAKAT

1.       Mengkoordinir pelaksanaan kerjasama dengan komite sekolah
2.       Meningkatkan kerja sama dengan lembaga pemerintah, dunia usaha dan lembaga sosial lainya, misalnya tentang :
a.    Penyuluhan Narkoba
b.    Pendidikan seksual untuk remaja
c.    Pengenalan dunia pendidikan di perguruan tinggi
d.    Pengenalan dunia usaha dan dunia industri
3.       Menyelenggarakan pertemuan antara sekolah dengan orang tua siswa
4.       Menyelenggarakan program kegiatan dalam rangka menjalin hubungan dengan para alumni (baik siswa maupun mantan guru-karyawan)
5.       Meningkatkan penyelenggaraan home visit kepada keluarga besar SMA Muhammadiyah Wonosobo, misalnya :
a.        Kunjungan Pernikahan guru-karyawan
b.        Kunjungan Kelahiran putra/putri guru-karyawan
c.        Kunjungan Khitanan putra guru-karyawan
d.        Kunjungan guru-karyawan yg sedang sakit
e.        Kunjungan kepada guru-karyawan yg sedang terkena musibah

WAKIL KEPALA SEKOLAH URUSAN  SARANA PRASARANA)

1.       Mengkoordinir perawatan dan perbaikan barang-barang inventaris sekolah
2.       Mengkoordinir penyimpanan barang-barang inventaris sekolah
3.       Mengkoordinir pencatatan (inventarisasi) dan pengadministrasian data barang-barang inventaris
4.       Membuat tata tertib dan mengatur pemanfaatan sarana prasarana
5.       Bersama-sama dengan waka-waka yang lain untuk menyusun dan merencanakan kebutuhan sarana prasarana untuk menunjang proses belajar mengajar
6.       Mengkoordinir dan menyiapkan tempat dan peralatan untuk rapat yang diselenggarakan sekolah
7.       Mengkoordinir penyiapan peralatan untuk upacara

BENDAHARA SEKOLAH

1.       Menyiapkan kelengkapan penyelenggaraan administrasi keuangan, misalnya :
a.       Kutipan Daftar Isian Kegiatan (DIK)
b.       Buku Harian
c.        Buku Pembantu Mata Anggaran Kegiatan
d.       Buku Kas Umum
e.        Daftar Penerimaan Gaji
f.        Buku Bank
g.        Buku Penerimaan Beasiswa
h.       Kwitansi - kwitansi
2.       Melaporkan dan mempertanggungjawabkan bukti-bukti penerimaan dan pengeluaran uang untuk setiap minggunya agar dapat diperiksa dan di tanda tangani oleh kepala sekolah.
3.       Menyusun, menempelkan, menjilid dan mengarsip bukti-bukti penerimaan dan pengeluaran uang sekolah untuk setiap bulannya.
4.       Menyusun laporan keuangan secara rutin yang meliputi :
a.       Rencana dan realisasi setiap mata anggaran
b.       Saldo kas
c.        Register penutupan kas
d.       Berita acara pemeriksaan kas
5.       Membuat daftar gaji guru dan karyawan untuk setiap akhir bulannya.

 

KEPALA TATA USAHA

1.       Mengkoordinir penyusunan program kerja tata usaha
2.       Mengkoordinir pengurusan administrasi kepegawaian baik untuk Guru maupun pegawai tata usaha.
3.       Mengkoordinir pengurusan administrasi kesiswaan bekerja sama dengan Waka Kesiswaan
4.       Mengkoordinir penyusunan data statistik sekolah
5.       Mengkoordinir pengurusan administrasi surat menyurat
6.       Mengkoordinir pembinaan dan pengembangan karir pegawai tata usaha sekolah
7.       Memberikan masukan kepada tim yang dibentuk oleh kepala sekolah pada saat akan memberikan kompensasi atau penghargaan kepada Guru dan pegawai yang berprestasi
8.       Bersama-sama Bendahara sekolah untuk mendata guru dan karyawan yang naik pangkat atau naik gaji berkala.
9.       Mengkoordinir penyusunan laporan pelaksanaan kegiatan pengurusan ketatausahaan

108.        BUKTI FISIK YANG DIINGINKAN : Jawaban dibuktikan dengan bagan atau struktur organisasi sekolah/ madrasah yang lengkap serta uraian tugas dari masing-masing anggota organisasi.


109      Sekolah/Madrasah melaksanakan kegiatan sesuai dengan rencana kerja tahunan.
þ  A
Sebanyak 76% - 100% kegiatan dilaksanakan sesuai rencana kerja tahunan.
c  B
Sebanyak 51% - 75% kegiatan dilaksanakan sesuai rencana kerja tahunan.
c  C
Sebanyak 26% - 50% kegiatan dilaksanakan sesuai rencana kerja tahunan.
c  D
Sebanyak 1% - 25% kegiatan dilaksanakan sesuai rencana kerja tahunan.
c  E
Tidak melaksanakan kegiatan sesuai rencana kerja tahunan.

109.    DATA PENDUKUNG YANG TELAH DIISIKAN UNTUK : Pelaksanaan kegiatan sekolah/madrasah sesuai rencana kerja tahunan.
No.
Dokumen pelaksanaan kegiatan sekolah/madrasah yang dimiliki
1
Kegiatan lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN)
2
Kegiatan Ulang tahun SMA
3
Kegiatan Tryout Ujian Nasional
4
Kegiatan Studi Tour siswa


        
109.        BUKTI FISIK YANG DIINGINKAN : Jawaban dibuktikan dengan dokumen tentang adanya kesesuaian antara rencana kerja tahunan dengan laporan pelaksanaan kegiatan.

110      Sekolah/Madrasah melaksanakan kegiatan kesiswaan.
þ  A
Memiliki 4 (empat) atau 5 (lima) dokumen kegiatan kesiswaan.
c  B
Memiliki 3 (tiga) dokumen kegiatan kesiswaan.
c  C
Memiliki 2 (dua) dokumen kegiatan kesiswaan.
c  D
Memiliki 1 (satu) dokumen kegiatan kesiswaan.
c  E
Tidak memiliki dokumen kegiatan kesiswaan.

110.     DATA PENDUKUNG YANG TELAH DIISIKAN UNTUK : Jenis kegiatan kesiswaan yang dilakukan sekolah/madrasah.
a)      Seleksi penerimaan siswa baru
b)      Memberikan layanan bimbingan dan konseling
c)      Melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler
d)      Melaksanakan kegiatan pembinaan prestasi unggulan
e)      Melakukan pelacakan terhadap alumni

110.        BUKTI FISIK YANG DIINGINKAN : Kegiatan kesiswaan terdiri dari 5 (lima) dokumen yang terdiri atas:
a.       Seleksi penerimaan siswa baru.
b.       Memberikan layanan konseling.
c.        Melaksanakan kegiatan ekstra dan kokurikuler.
d.       Melakukan pembinaan prestasi unggulan, dan
e.        Melakukan pelacakan terhadap alumni.



111      Sekolah/Madrasah melaksanakan kegiatan pengembangan kurikulum dan pembelajaran.
þ  A
Memiliki 4 (empat) atau 5 (lima) dokumen kegiatan kurikulum dan pembelajaran.
c  B
Memiliki 3 (tiga) dokumen kegiatan kurikulum dan pembelajaran.
c  C
Memiliki 2 (dua) dokumen kegiatan kurikulum dan pembelajaran.
c  D
Memiliki 1 (satu) dokumen kegiatan kurikulum dan pembelajaran.
c  E
Tidak memiliki dokumen kegiatan kurikulum dan pembelajaran.

111.   DATA PENDUKUNG YANG TELAH DIISIKAN UNTUK : Jenis kegiatan pengembangan kurikulum dan pembelajaran:
a)       KTSP
b)       Kalender Pendidikan
c)       Program pembelajaran
d)       Penilaian hasil belajar siswa
e)       Peraruran Akademik
      
       Kepemilikan dokumen kegiatan kurikulum dan pembelajaran.
No.
Jenis dokumen kurikulum dan pembelajaran
Ada
Tidak
1
KTSP
-
2
Kalender pendidikan
-
3
Program pembelajaran
-
4
Penilaian hasil belajar siswa
-
5
Peraturan akademik
-
         Keterangan: Isilah tanda ceklis (ü) pada kolom jawaban “Ada” atau “Tidak”

111.        BUKTI FISIK YANG DIINGINKAN : Kegiatan kurikulum dan pembelajaran terdiri dari 5 (lima) dokumen yang terdiri dari:
a.       KTSP.
b.       Kalender pendidikan.
c.        Program pembelajaran.
d.       Penilaian hasil belajar siswa, dan
e.        Peraturan akademik.

112      Sekolah/Madrasah melaksanakan pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan.
þ  A
Melaksanakan 4 (empat) atau 5 (lima) program pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan.
c  B
Melaksanakan 3 (tiga) program pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan.
c  C
Melaksanakan 2 (dua) program pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan.
c  D
Melaksanakan 1 (satu) program pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan.
c  E
Tidak melaksanakan program pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan.

112.   DATA PENDUKUNG YANG TELAH DIISIKAN UNTUK : Pelaksanaan program pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan.

No.
Jenis program pendayagunaan
Dilakukan
Tidak dilakukan
1
Pembagian tugas
-
2
Penentuan sistem penghargaan
-
3
Pengembangan profesi
-
4
Promosi dan penempatan
-
5
Mutasi
-
         Keterangan:  Isilah tanda ceklis (ü) pada kolom jawaban “Dilakukan” atau  “Tidak dilakukan”

112.        BUKTI FISIK YANG DIINGINKAN : Lima program pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan terdiri atas:
a.       Pembagian tugas.
b.       Penentuan sistem penghargaan.
c.        Pengembangan profesi.
d.       Promosi dan penempatan, serta
e.        Mutasi.


113      Sekolah/Madrasah mengelola sarana dan prasarana pembelajaran.
þ  A
Mengelola 4 (empat) atau 5 (lima) program sarana dan prasarana.
c  B
Mengelola 3 (tiga) program sarana dan prasarana.
c  C
Mengelola 2 (dua) program sarana dan prasarana.
c  D
Mengelola 1 (satu) program sarana dan prasarana.
c  E
Tidak mengelola program sarana dan prasarana.

113.   DATA PENDUKUNG YANG TELAH DIISIKAN UNTUK : Pengelolaan program sarana dan prasarana pembelajaran.

No.
Jenis program sarana dan prasarana
Dilakukan
Tidak dilakukan
1
Perencanaan, pemenuhan, dan pendayagunaan sarpras pendidikan
-
2
Evaluasi dan pemeliharaan sarpras dalam mendukung proses pendidikan
-
3
Perlengkapan fasilitas pembelajaran pada setiap tingkat kelas
-
4
Penyusunan skala prioritas pengembangan fasilitas pendidikan
-
5
Pemeliharaan seluruh fasilitas fisik dan peralatan pendidikan
-
         Keterangan: Isilah tanda ceklis (ü) pada kolom jawaban “Dilakukan” atau “Tidak dilakukan”

113.        BUKTI FISIK YANG DIINGINKAN : Lima program pengelolaan sarana prasarana meliputi:
a.       Perencanaan, pemenuhan serta pendayagunaan sarana dan prasarana pendidikan.
b.       Evaluasi serta pemeliharaan sarana dan prasarana agar tetap berfungsi dalam mendukung proses pendidikan.
c.        Perlengkapan fasilitas pembelajaran pada setiap tingkat kelas di sekolah/madrasah.
d.       Penyusunan skala prioritas pengembangan fasilitas pendidikan sesuai dengan tujuan pendidikan dan kurikulum masing-masing tingkat, serta
e.        Pemeliharaan seluruh fasilitas fisik dan peralatan dengan memerhatikan kesehatan dan keamanan lingkungan.



114      Sekolah/Madrasah mengelola pembiayaan pendidikan.
þ  A
Memiliki 4 (empat) program pengelolaan pembiayaan pendidikan.
c  B
Memiliki 3 (tiga) program pengelolaan pembiayaan pendidikan.
c  C
Memiliki 2 (dua) program pengelolaan pembiayaan pendidikan.
c  D
Memiliki 1 (satu) program pengelolaan pembiayaan pendidikan.
c  E
Tidak memiliki program pengelolaan pembiayaan pendidikan.

114.   DATA PENDUKUNG YANG TELAH DIISIKAN UNTUK : Pengelolaan program keuangan dan pembiayaan pendidikan.

No.
Jenis program keuangan dan pembiayaan
Dilakukan
Tidak dilakukan
1
Sumber pemasukan, pengeluaran, dan jumlah dana yang dikelola
-
2
Kewenangan dan tanggung jawab kepala sekolah/madrasah dalam membelanjakan anggaran pendidikan
-
3
Pembukuan semua penerimaan dan pengeluaran
-
4
Penggunaan anggaran untuk dilaporkan komite sekolah/madrasah dan institusi di atasnya
-
         Keterangan: Isilah tanda ceklis (ü) pada kolom jawaban “Dilakukan” atau “Tidak dilakukan”

114.        BUKTI FISIK YANG DIINGINKAN : Empat program pengelolaan pembiayaan pendidikan terdiri atas:
a.       Sumber pemasukan, pengeluaran, dan jumlah dana yang dikelola.
b.       Kewenangan dan tanggung jawab kepala sekolah/madrasah dalam membelanjakan anggaran pendidikan sesuai dengan peruntukannya.
c.        Pembukuan semua penerimaan dan pengeluaran, serta
d.       Penggunaan anggaran untuk dilaporkan kepada komite sekolah/madrasah atau lembaga penyelenggara pendidikan serta institusi di atasnya.

115      Sekolah/Madrasah menciptakan suasana, iklim, dan lingkungan pembelajaran yang kondusif.
þ  A
Memiliki 4 (empat) atau 5 (lima) kegiatan menciptakan suasana, iklim, dan lingkungan pembelajaran yang kondusif.
c  B
Memiliki 3 (tiga) kegiatan menciptakan suasana, iklim, dan lingkungan pembelajaran yang kondusif.
c  C
Memiliki 2 (dua) kegiatan menciptakan suasana, iklim, dan lingkungan pembelajaran yang kondusif.
c  D
Memiliki 1 (satu) kegiatan menciptakan suasana, iklim, dan lingkungan pembelajaran yang kondusif.
c  E
Tidak memiliki kegiatan menciptakan suasana, iklim, dan lingkungan pembelajaran yang kondusif.

115.   DATA PENDUKUNG YANG TELAH DIISIKAN UNTUK : Bentuk penciptaan suasana, iklim, dan lingkungan pembelajaran kondusif yang dilakukan sekolah/madrasah.
a)       Dokumen LDK
b)       Dokumen Pendidikan Seks Remaja
c)       Dokumen Jadwal piket kebersihan kelas
d)       Dokumen SBT

115.        BUKTI FISIK YANG DIINGINKAN : Jawaban dibuktikan dengan dokumen pelaksanaan kegiatan sekolah/ madrasah untuk menciptakan suasana, iklim, dan lingkungan yang kondusif seperti: seminar ilmiah, pelatihan, kebersihan, kedisiplinan, penanaman nilai-nilai kejuangan, dan sebagainya.

116      Sekolah/Madrasah melibatkan masyarakat dan membangun kemitraan dengan lembaga lain yang relevan dalam pengelolaan pendidikan.
þ  A
Memiliki 4 (empat) atau lebih dokumen tentang keterlibatan masyarakat dan membangun kemitraan dengan lembaga lain yang relevan dalam pengelolaan pendidikan.
     c     B
Memiliki 3 (tiga) dokumen tentang keterlibatan masyarakat dan membangun kemitraan dengan lembaga lain yang relevan dalam pengelolaan pendidikan.
c  C
Memiliki 2 (dua) dokumen tentang keterlibatan masyarakat dan membangun kemitraan dengan lembaga lain yang relevan dalam pengelolaan pendidikan.
c  D
Memiliki 1 (satu) dokumen tentang keterlibatan masyarakat dan membangun kemitraan dengan lembaga lain yang relevan dalam pengelolaan pendidikan.
c  E
Tidak memiliki dokumen tentang keterlibatan masyarakat dan membangun kemitraan dengan lembaga lain yang relevan dalam pengelolaan pendidikan.

116.   DATA PENDUKUNG YANG TELAH DIISIKAN UNTUK : Bentuk keterlibatan masyarakat dalam membangun kemitraan dengan lembaga lain yang dilakukan sekolah/madrasah.
a)      Membentuk Komite Sekolah
b)      Mengadakan rapat dengan orang tua siswa
c)      Mengadakan kerjasama dengan perguruan tinggi terkait masalah informasi perguruan tinggi
d)      Mengadakan kegiatan sosial antar guru dan karyawan
e)      Mengadakan pembinaan mental dan rohani guru, karyawan, dan siswa melalui kegiatan Spiritual Building Training (SBT)
f)      Mengadakan bhakti sosial
g)      Mengadakan silaturahmi alumni guru dengan komite sekolah

116.        BUKTI FISIK YANG DIINGINKAN : Jawaban dibuktikan dengan dokumen tertulis tentang keterlibatan masyarakat dan/atau lembaga lain yang relevan dalam mendukung pengelolaan pendidikan di sekolah/madrasah, seperti penyusunan program kegiatan sekolah/madrasah, pelaksanaan program kegiatan, MoU dengan lembaga lain, dsb.

117      Sekolah/Madrasah memiliki program pengawasan yang disosialisasikan kepada pendidik dan tenaga kependidikan.
þ  A
Memiliki 4 (empat) atau 5 (lima) dokumen program pengawasan.
c  B
Memiliki 3 (tiga) dokumen program pengawasan.
c  C
Memiliki 2 (dua) dokumen program pengawasan.
c  D
Memiliki 1 (satu) dokumen program pengawasan.
c  E
Tidak memiliki dokumen program pengawasan.

117.   DATA PENDUKUNG YANG TELAH DIISIKAN UNTUK : Bentuk sosialisasi program pengawasan kepada pendidik dan tenaga kependidikan.
a)      Pemantauan
b)      Supervisi
c)      Evaluasi
d)      Pelaporan
e)      Tindak Lanjut

       Kepemilikan dokumen program pengawasan.
No.
Jenis dokumen program pengawasan
Ada
Tidak
1
Pemantauan
-
2
Supervisi
-
3
Evaluasi
-
4
Pelaporan
-
5
Tindak lanjut
-
         Keterangan: Isilah tanda ceklis (ü) pada kolom jawaban “Ada” atau “Tidak”

117.        BUKTI FISIK YANG DIINGINKAN : Program pengawasan terdiri dari 5 (lima) dokumen:
a.       Pemantauan.
b.       Supervisi.
c.        Evaluasi.
d.       Pelaporan, dan
e.        Tindak lanjutnya.


118      Sekolah/Madrasah melaksanakan kegiatan evaluasi diri.
þ  A
Melaksanakan evaluasi diri setidak-tidaknya sekali dalam 1 (satu) semester.     
c  B
Melaksanakan evaluasi diri sekali dalam 2 (dua) semester.
c  C
Melaksanakan evaluasi diri sekali dalam 3 (tiga) semester.
c  D
Melaksanakan evaluasi diri sekali dalam 4 (empat) semester.
c  E
Tidak melaksanakan evaluasi diri.

118.   DATA PENDUKUNG YANG TELAH DIISIKAN UNTUK : Pelaksanaan kegiatan evaluasi diri kinerja sekolah/madrasah.

No.
Jenis kegiatan evaluasi diri yang dilakukan sekolah/madrasah
1
Evaluasi melalui rapat dewan guru setiap akhir bulan
2
Evaluasi melalui rapat wakil kepala sekolah, koordinator BP, Bendahara, dan kepala TU
        
118.        BUKTI FISIK YANG DIINGINKAN : Kegiatan evaluasi diri adalah kegiatan yang dilakukan oleh sekolah/ madrasah                untuk mengetahui gambaran secara menyeluruh tentang kinerja dan keadaan   dirinya melalui pengkajian dan analisis berkenaan dengan kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan. Jawaban dibuktikan dengan dokumen laporan evaluasi diri sekolah/madrasah.


119      Sekolah/Madrasah melaksanakan evaluasi kinerja pendidik dan tenaga kependidikan.
þ  A
Melaksanakan 4 (empat) atau lebih program evaluasi kinerja pendidik dan tenaga kependidikan.     
c  B
Melaksanakan 3 (tiga) program evaluasi kinerja pendidik dan tenaga kependidikan.
c  C
Melaksanakan 2 (dua) program evaluasi kinerja pendidik dan tenaga kependidikan.

c  D
Melaksanakan 1 (satu) program evaluasi kinerja pendidik dan tenaga kependidikan.
c  E
Tidak melakukan program evaluasi kinerja pendidik dan tenaga kependidikan.

119.   DATA PENDUKUNG YANG TELAH DIISIKAN UNTUK : Pelaksanaan program evaluasi kinerja pendidik dan tenaga kependidikan.

No.
Jenis kegiatan evaluasi kinerja pendidik dan tenaga kependidikan yang dilakukan sekolah/madrasah
1
Kesesuaian penugasan dan keahlian
2
Keseimbangan beban kerja
3
Kinerja pendidik
4
Kinerja tenaga kependidikan
5
Pencapaian prestasi pendidik dan tenaga kependidikan
        
119.        BUKTI FISIK YANG DIINGINKAN : Evaluasi pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan meliputi 4 (empat) program yang terdiri dari:
a.       Kesesuaian penugasan dengan keahlian.
b.       Keseimbangan beban kerja.
c.        Kinerja pendidik dan tenaga kependidikan dalam pelaksanaan tugas, serta
d.       Pencapaian prestasi pendidik dan tenaga kependidikan.


120      Sekolah/Madrasah mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk akreditasi.
þ  A
Memiliki 4 (empat) bahan persiapan akreditasi.
c  B
Memiliki 3 (tiga) bahan persiapan akreditasi.
c  C
Memiliki 2 (dua) bahan persiapan akreditasi.
c  D
Memiliki 1 (satu) bahan persiapan akreditasi.
c  E
Tidak memiliki persiapan bahan akreditasi.

120.   DATA PENDUKUNG YANG TELAH DIISIKAN UNTUK : Persiapan bahan dan/atau kebutuhan akreditasi.

No.
Bahan dan/atau kebutuhan akreditasi yang disiapkan sekolah/madrasah
1
SK Tim Akreditasi
2
Pengandaan instrumen akreditasi untuk dibagikan kepada masing-masing petugas
3
Pembagian tugas masing-masing personil yang akan mendampingi asesor
4
Pengumpulan bukti-bukti fisik untuk setiap item dalam instrumen akreditasi
5
Penyiapan sarana dan prasarana yang mendukung pelaksanaan akreditasi

120.        BUKTI FISIK YANG DIINGINKAN : Bahan dan/atau kebutuhan persiapan akreditasi terdiri dari:
a. Dokumen yang diperlukan oleh instrumen akreditasi.
b. Personal yang akan mendampingi asesor.
c. Bukti fisik nondokumen, dan
d. Sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan akreditasi.

121      Sekolah/Madrasah memiliki struktur kepemimpinan sesuai standar pendidik dan tenaga kependidikan.
þ  A
Memiliki kepala sekolah/madrasah dan 3 (tiga) atau lebih wakil kepala sekolah/madrasah.
c  B
Memiliki kepala sekolah/madrasah dan 2 (dua) wakil kepala sekolah/madrasah.
c  C
Memiliki kepala sekolah/madrasah dan 1 (satu) wakil kepala sekolah/madrasah.
c  D
Memiliki kepala sekolah/madrasah tetapi tidak memiliki wakil kepala sekolah/madrasah.
c  E
Tidak memiliki kepala sekolah/madrasah dan wakil kepala sekolah/madrasah.

121.   DATA PENDUKUNG YANG TELAH DIISIKAN UNTUK : Keberadaan Wakil kepala sekolah/madrasah.

No.
Nama
Bidang
1.
Dra. Sri Wuryanti
Kurikulum
2.
Suyadi, S.Pd
Kesiswaan
3.
Drs. Hendro Purwoko
Sarana Prasarana
4.
Rahayu Ries Indarti, S.Pd
Humas
        
121.        BUKTI FISIK YANG DIINGINKAN : Kepala SMA/MA dibantu minimal oleh tiga wakil kepala sekolah/ madrasah untuk bidang akademik, sarana prasarana, dan kesiswaan. Dalam hal tertentu atau sekolah/madrasah masih berada dalam taraf pengembangan, kepala sekolah/madrasah dapat menugaskan guru untuk melaksanakan fungsi sebagai kepala sekolah/madrasah.

122      Sekolah/Madrasah memiliki sistem informasi manajemen untuk mendukung administrasi pendidikan.
þ A
Memiliki sistem informasi dan memiliki fasilitas dan petugas khusus.   
c B
Memiliki sistem informasi dan memiliki fasilitas tetapi tidak memiliki petugas khusus.
c C
Memiliki sistem informasi dan memiliki petugas khusus tetapi tidak memiliki fasilitas.
c D
Memiliki sistem informasi tetapi tidak memiliki fasilitas dan/atau petugas khusus.
c E
Tidak memiliki sistem informasi.

122.    DATA PENDUKUNG YANG TELAH DIISIKAN UNTUK : Sistem informasi manajemen (SIM) untuk mendukung administrasi pendidikan dengan fasilitas dan petugas khusus.
No.
Jenis kegiatan SIM yang dilakukan sekolah/madrasah
1
Pembuatan website sekolah
2
Pendataan identitas siswa untuk mendapatkan Nomor Induk Siswa Nasional


122         BUKTI FISIK YANG DIINGINKAN : Petugas khusus adalah petugas yang diangkat berdasarkan SK kepala sekolah/madrasah untuk menangani sistem informasi manajemen.
   




Bagikan artikel ini

Related Posts:

0 Response to "Standar Pengelolalaan untuk Bahan Akreditasi yang Sudah Terisi"

Post a Comment